Senin, 25 Juni 2012

RAHASIA MANFAAT JUS WORTEL

jus wortel.jpg
Wortel termasuk sayuran populer yang banyak mengandung zat makanan. Disarankan memilih wortel yang bentuknya baik, kondisinya segara dan warna jingganya cerah. Wortel yang terlalu besar memiliki rasa yang agak tajam dan sedikit pahit.
Selain rasanya enak, wortel yang masih segar juga memiliki nilai gizi yang cukup baik. Wortel merupakan sumber utama karoten dan beta karoten. Didalam hati , karoten berubah menjadi vitamin A jika tubuh kekurangan vitamin A. Kandungan vitamin A dalam wortel sangat tinggi sehingga bermanfaat untuk membantu penglihatan, pencegahan rabun senja, mempercepat penyembuhan luka, dan memperbaiki kulit. Vitamin A juga berfungsi membantu hati dalam menghilangkan toksin (racun) di dalam tubuh. Sementara itu, beta karoten dalam wortel berkhasiat meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga dapat mencegah timbulnya penyakit, meningkatkan kesehatan tubuh, dan menghambat penuaan.
wortel.jpg
Wortel juga memperkaya sel dan jaringan serta membantu melindunginya terhadap kanker. Selain itu, wortel juga merangsang rekasi pembersihan lemak sehingga bisa membaantu, membuang lemak secara mudah dan cepat. Kandungan nutrisi wortel adalah 27 mg kalsium, 0,5 zat besi, 34 mg sodium 26 mg fosfor246 mg potassium, 6 mg vitamin C, 7,93 I.U vitamin A, dan sejumlah vitamin B komplek. Kandungan mineral yang terdapat dalam wortel adalah kalium. Mineral ini berfungsimenjaga keseimbangan air dalam tubuh dan membantu menurunkan tekanan darah serta membantu menetralkan asam dalam darah.
Manfaat wortel bagi kesehatan :
1. Mengatasi gangguan kulit
2. Membantu pncernaan
3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
4. Antioksidan dan antikanker
5. Menurunkan kadar kolesterol
6. Menurunkan tekanan darah tinggi
7. Mengatasi rabun senja
8. Mengatasi kegemukan dan obesitas
Jus wortel juga berkasiat sebagai laksatif, yakni melancarkan buang air besarkarena didalam wortel terdapat pektin yang berkhasiat mencegah dan mengattasi sembelit dengan cara memperlunak feses dan mendorong sisa makanan pada saluran pembuangan. Kandungan pektin yang ada dalam wortel juga mampu menurunkan kolesterol tinggi dan membantu kessehatan usus. Besar.
Kandungan karoten, terutama beta karoten pada wortel berfungsi menghalangi sel kanker dengan cara mengacaukan mekanisme kanker yang merusak sel. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa wortel terbukti mampu menurunkan resiko semua tipe kanker, seperti kanker paru, prostat, kantung kemih, dan saluran pernafasan.
Wortel juga bersifat sebagai pembersih darah dan mendorong keluarnya sisa metabolisme sel tubuh melalau ginjal sehingga dapat mencegah pengendapan sisa-sisa metabolisme yang memicu munculnya penyakit batu ginjal dan saluran kemih. Zat-zat penting yang terkandung dalam wortel juga sangat diperlukan untuk memicu fungsi kerja kelenjar endokrin, khususnya adrenalin dan kelenjar kelamin sehingga bermanfaat untuk menangkal kemandulan dan menyuburkan sistem reproduksi. Jus wortel satu cangkir sehari membuat tubuh anda lebih sehat dan mampu menyembuhkan penyakit yang mengerikan, seperti kanker dan penyakit lainnya. Selain minum jus wortel sebaiknya tetap berkonsultasi dengan dokter.
Sumber : Bangun, A.P., Dr., MHA. 2004. Menangkal Penyakit Dengan Jus Buah Dan Sayuran. Jakarta. PT. AgroMedia Pustaka.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Batu Atola Sa'ua Nias Selatan

Batu Atola Sa'ua Nias Selatan
Bergesernya batu'atola di daerah Nias Selatan dekat sungai Sa'ua