Minggu, 14 Juli 2013

Fahombo Batu, ‘Lompat Batu’ Kini Bisa Dimainkan di Android & iOS

NIASONLINE, JAKARTA – Salah satu warisan budaya ikonik yang melekat dan membuat Pulau Nias dikenal di berbagai belahan dunia sampai saat ini adalah atraksi lompat batunya.
Meski sejatinya tradisi lompat batu itu tidak ada di seluruh wilayah Pulau Nias, dan hanya ada di beberapa desa di Kabupaten Nias Selatan, namun lompat batu selalu menjadi identitas Nias secara keseluruhan.
Namun, tidak banyak yang bisa melakukannya termasuk di Desa Bawömataluo yang situs lompat batunya sangat terkenal. Karena selain harus terlatih, juga berisiko tinggi.
Juga tidak sedikit yang belum melihatnya langsung ke desa-desa yang memiliki batu berundak yang disusun menyerupai piramida dengan puncak datar tersebut. Bisa karena jarak yang jauh, maupun karena saat ini untuk menyaksikannya harus bayar sekedar kompensasi bagi para pelompat mengingat risiko atraksi itu.
Namun sekarang, bila karena alasan-alasan tersebut Anda tidak bisa menyaksikan atraksi fenomenal itu, kini Anda bisa melakukannya, dari tangan Anda sendiri. Cukup bermodalkan sebuah perangkat telpon pintar (smartphone) berbasis Android maupun iOS untuk produk-produk Apple.
Pasalnya, pengembang aplikasi permainan (games) www.qajoo.com telah mengaplikasikan atraksi lompat batu itu dalam bentuk permainan yang bisa unduh secara gratis di Google Play untuk pengguna sistem operasi Android, maupun di App Store untuk pengguna sistem operasi iOS untuk produk-produk Apple.
Anda cukup mencarinya dengan kata kunci Fahombo (melompat) atau Nias. Kemudian, akan muncul aplikasi dengan gambar close-up seorang pelompat dengan baju rompi dengan pengikat kepala dan rai (sejenis mahkota) khas Nias Selatan di kepalanya. Selanjutnya, ikuti petunjuk untuk mengunduhnya dan siap dimainkan.

Permainan dengan nama Fahombo tersebut dilengkapi penjelasan singkat mengenai apa itu lompat batu dan sejarahnya di bagian About Nias. Setelah menekan play maka akan muncul seorang pelompat yang sedang bersiap. Lokasi atraksi lompat batu dan batunya sendiri diapit oleh dua susun rumah tradisional Nias Selatan halaman rumah yang terdiri dari batu-batu yang tersusun rapi. Di depan setiap rumah berdiri dua patung.
Permainan ini terdiri empat langkah. Pertama, untuk membuat si pelompat bergerak, jari harus diketukkan di layar perangkat. Makin cepat diketukkan, dan itu perlu, akan membuat pelompat berlari kencang.
Kedua, menjelang tumpuan, sebuah tanda panah mengarah ke atas pada sisi kanan bawah layar harus ditekan. Ketepatan waktu menekan sangat menentukan. Bila terlalu cepat, maka pelari akan gagal karena dia tidak bisa melakukannya karena belum menyentuh tumpuan.
Bila terlambat menekan, pelompat akan menabrak batunya yang akan dilompatinya.
Ketiga, bila tahap kedua dilakukan dengan tepat, pelompat akan berdiri di tumpuan. Dia tidak langsung melayang melewati batu yang akan dilompati. Di sebelah kanan akan muncul petunjuk ketinggian lompatan. Akan ada skala pengukur yang bergerak ke bawah dan ke atas. Ketika pengukur berjarak tidak jauh dari batas ketinggian, ketukkan jari di layar. Bila posisi pengukur terlalu tinggi, atau pun terlalu rendah, pelompat pasti akan gagal dan akan menabrak batunya.
Keempat, bila langkah ketiga dilakukan dengan tepat, maka kini masuk tahap mendarat dengan tepat. Pelompat akan melayang melewati batu dan kemudian akan tertahan beberapa saat sebelum mendarat. Akan muncul indikator lingkaran tidak jauh dari batunya. Bila lingkaran mengecil dan berwarna hijau, itu saat yang tepat mengetuk layar dan pelompat akan mendarat dengan selamat. Bila tidak, pelompat akan mendarat namun akan terguling dan itu berarti Anda gagal.



Keseluruhan langkah itu akan menghasilkan skor yang ditampilkan pada sisi kanan sebelah atas. Kegagalan di setiap tahapan akan disertai informasi mengenai penyebabnya. Namun, semua petunjuk dalam bahasa Inggris. Bukan bahasa Indonesia, apalagi Bahasa Nias.
Permainan dalam format tiga dimensi (3D) ini memang masih dalam bentuk yang sangat sederhana. Tidak ada level-levelnya seperti pada permainan lainnya. Kemudian, musik yang mengiringinya, juga tidak khas musik Nias atau Nias Selatan.
Berdasarkan catatan di Google Play, permainan ini diperbarui pada 17 April 2013 dan masih dalam versi 1.0. atau masih versi awal. Berarti sangat mungkin akan ada pengembangan lanjutan. Semoga saja masih ada versi lebih lanjut yang lebih menarik dan juga memuaskan.
Tentu saja, diharapkan, Anda para penikmat permainan ini, tidak cukup puas dengan bermain di layar perangkat smartphone Anda. Silakan datang dan saksikan langsung atraksi yang sesungguhnya di Nias Selatan.
Selamat bermain.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Batu Atola Sa'ua Nias Selatan

Batu Atola Sa'ua Nias Selatan
Bergesernya batu'atola di daerah Nias Selatan dekat sungai Sa'ua