Senin, 23 September 2013

Kenali Type Ukuran Sepeda Anda, Lewat Frame

22,24,26 APA BEDANYA ?

Dalam pergaulan di dunia sepeda tua sering terdengar onthelis2 menyebutkan angka 22, 24, 26 untuk ukuran sepeda. Sebenarnya apa sih yang mendasari sebutan angka-angka tersebut ?
Berikut ada sedikit cupilkan materi yang diambil dari sebuah buku tua , semoga bisa menjadi pembahasan bagi rekan2 onthelis semua dengan harapan yang belum ngerti jadi ngerti yang sudah ngerti jadi tambah pintar dan berbaik hati untuk berbagi ilmunya.
Dibawah ini ada contoh skema frame/kerangka sepeda dari sebuah merk dan  gambar berikutnya adalah ukuran bagian2 frame yang diambil mengacu dari merk BSA.
skema

rumusnya
semua ukuran dalam satuan inchi (“)
untuk keterangan GARPU (G)
- Diameter dari as garpu = 28″ (sama dengan diameter roda)
- lebar jeda dua garpu 3 9/6 “
- Jarak lengkung garpu diukur dari as = 2 7/8″
Sudut jarak (derajat)
- antara D dan C = 67 derajat
- antara C dan F = 62 derajat
- antara C dan B = 68 derajat
Ukuran ini standar teladan Eropa – Standar B.S.A
Dari gambar di atas (lihat huruf C) ternyata ukuran 22,24,26 adalah ukuran panjang atau tinggi pipa dibawah sadel (seat tube), bukan ukuran pipa depan atau head tube (lihat huruf A). Memang banyak teman2 yang dengan melihat sekilas tabung depan (huruf A) bisa menentukan/menebak sepeda ukuran 22,24 dan 26, karena ukuran pipa huruf A akan berbanding lurus dengan seat tube, makin panjang/tinggi seat tube makin panjang/tinggi juga pipa depan demi menjaga proporsional frame sepeda.
Sekali lagi tabel di atas mengacu pada merk BSA, sedangkan untuk merk dan pabrikan lain memiliki format yang berbeda, namun untuk ukuran 22,24 dan 26 bisa dibilang menjadi standar ukuran sepeda .
Mohon masukan dr rekan2 sekalian untuk artikel yang sederhana ini.
ayo yg ini ukuran berapa ? :D :D
Yup…!!! 65cm atau 26 inch
thanx to :
Kang Fahmi KOSTI buat artikelnya & Kang Firman PSBB utk foto2 sepeda 26″ nya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hilisataro tempo doeloe

Hilisataro tempo doeloe