Rabu, 11 September 2013

Humber Sepeda Onthel para Bangsawan Inggris

 
Koleksiku Humber heren serie BF94799






 Koleksiku Humber Heren serie BF94799

 

Tahukah Anda: Sepeda onthel “Humber” ternyata sepeda para bangsawan?


Humber adalah merek sepeda yang berasal dari Inggris. Salah satu model yang paling terkenal adalah model Sport Humber dengan 3-kecepatan.

Ciri khasnya dari sepeda Humber adalah garpu yang tidak biasa, yang disebut “Duplex”.
Di mana pipa garpu masing-masing terdiri dari dua tabung terpisah, dan gir yang bergaya/berbentuk lima orang bergandengan.
Humber diproduksi sejak tahun 1880 sampai 1932, kemudian di ambil alih Raleigh, yang kemudian melanjutkannya hingga tahun 1970-an
Ternyata, banyak yang belum mengetahui, dahulu banyak anggota keluarga kerajaan Inggris menyukai bersepeda.

 




Tapi itu tidak begitu umum dipahami bahwa Yang Mulia Raja Edward VII juga memakinya. Begitu juga pangeran dari Connaught, Putri Louise, Pangeran Cornwall dan York, The Duchess of Fife, dan Putri Maud dan Victoria Wales, kompak dalam mengendarai sepeda terkenal di dunia ‘Humber Cycles’.



Sepeda Humber didirikan oleh Thomas Humber
pada tahun 1869 di Beeston-Nottinghamshire,
pada tahun 1932 diambil alih oleh perusahan
sepeda Raeligh. Pada zamannya sepeda Humber
karena pembuatannya yang berkualitas dan
bermutu maka Raja Inggris menyatakan bahwa
sepeda Humber sebagai sepeda resmi kerajaan





HUMBER juga sangat disukai oleh Anak Moeda

Humber
 Foto koleksi : Dienst voor. pada foto tampak anak moeda sedang mejeng dengan sepeda Humber 1947 )

Ini cerita tentang kesukaan anak moeda kepada sepeda onthel bernama Humber di zaman revolusi Indonesia 1947-1949. Konon kala itu sepeda onthel merupakan sarana transportasi andalan masyarakat Indonesia. Beragam merek sepeda onthel ada di jalan-jalan baik di perkotaan maupun di desa-desa. Namun ada satu merek sepeda onthel yang paling disoeka kalangan kaoem moeda adalah sepeda onthel merek Humber buatan Inggris (England). Koran Pelita Rakjat terbitan 1947 pernah menulis tentang sepeda paling disoeka kaoem moeda yaitu Humber. Biasanya Humber yang disuka adalah sepeda dengan cat berwarna hitam maupun hijau. Selain itu, sepeda Humber ini dilengkapi dengan pengatur kecepatan perseneleng sturmy Acher baik untuk jenis heren maupun dames. Namun yang paling disuka kawula moeda kala itu adalah Humber berwarna hijau. Koran Pelita Rakjat pun menulis tentang tingginya pencurian sepeda onthel, dan Humber merupakan sepeda yang paling diincar para pencuri.
Tak hanya itu, sepeda Humber di Indonesia kala itu biasanya dipunyai oleh orang Indo Eropa, Tiongkok, dan priyayi pribumi. Bila ditelusuri sejarah keberadaan sepeda Humber di Indonesia memang benar bila sepeda Humber banyak dimiliki oleh kaum elit pribumi. Umumnya sepeda onthel Humber dimiliki para pegawai pemerintahan semacam Wedana, Mantri Polisi, Mantri Guru, dan Mandor Pabrik. Mereka menganggap dengan memiliki onthel Humber sebagai lambang keningratan.
Hal ini tak lepas dari asal sepeda Humber. Di Inggris sejak lama sepeda onthel Humber digemari oleh kalangan keluarga kerajaan Inggris (The Royal Kingdom). Sebut saja King Edward VII memakai sepeda Humber, begitu pula King George V, Prince from Connaught, Princes Louise, Prince Cornwall and York, The Duchess of Fife, Princes Maud dan Victoria Wales. Keluarga kerajaan Inggris ini selalu kompak untuk mengendarai sepeda yang terkenal di dunia itu. Ciri khusus sepeda Humber ini dapat dilihat dari tampilan garpu yang disebut Duplex. Bentuk garpu ini tampil berani beda, di mana pipa garpu masing-masing terdiri dari dua tabung terpisah. Sementara gir depannya bercorak atau berbentuk lima orang yang bergandengan tangan. Alhasil, sang desainer sepeda ini yaitu Thomas Humber memberikan julukan sepeda Humber sebagai sepeda kaum ningrat (The Aristocrat of Bicycles).
Sepeda yang diproduksi sejak 1880 ini memiliki banyak tipe atau seri. Sebut saja seri BZ yang paling banyak digemari orang dulu khususnya sepeda jenis dames. Seri lain yang juga disukai orang adalah seri FA. Seri ini merupakan produk lebih muda yang rata-rata kondisinya hingga kini tampil lebih mulus. Pada seri-seri tua, seperti seri AD dan AF (tourist) banyak diburu orang karena desainnya yang spesial, antara lain ada tuas (gondel) untuk mengunci stang agar tidak berbelok.
Sepeda Humber ini memang sangat nyaman dikendarai. Pada gigi normal, selain ringan dikayuh, bawaannya juga mantap dan stabil. Apalagi pada posisi gigi (belakang) besar, kayuhan menjadi sangat ringan sehingga memungkinkan untuk dikayuh pada jalan tanjakan. Sedangkan gigi kecilnya akan membuat sepeda ini mampu melesat sangat cepat di jalan datar dan menurun. Semua itu dimungkinkan oleh adanya persneling Sturmey Archer buatan England yang ikut mencirikan sepeda buatan Raleigh industry sebagai salah satu sepeda mewah yang terus dikenang hingga sekarang. Memiliki sepeda prestisius yang bila dionthel berbunyi cik, cik, cik… merupakan salah satu impian orang Indonesia kala itu. (Oldbike in History, diolah dari berbagai sumber, foto koleksi : Dienst voor. pada foto tampak anak moeda sedang mejeng dengan sepeda Humber 1947 )
Sumber : FB Oldbike in History


SEPEDA HUMBER HEREN SERI CD UKURAN 24INCHI/60CM
SEPEDA HUMBER MADE IN ENGLAND KUNCI GONDOK
HUMBER UKURAN 24/60CM, SERI CD, KONDISI CAT MASIH ASLI
SIFTER STRUMERY ACHER, STIR ORI, LAMPU DAN DINAMO BOSCH
SLEBOR, FRAME, FORK, EMBLEM ORI
NAMPAK KUNCI GODOK DAN TEMPAT POMPA
DUDUKAN LAMPU MEMAKAI INI, ORI HUMBER

BRAKET KHAS HUMBER, CAT SEBAGIAN MASIH NAMPAJ HIJAU
GIR DEPAN ORI, DIKAYUAH ADA TULISAN RAELIGH INDUSTRI

KATENGKAS ORI, SEBAGIAN MASIH NAMPAJ LAMBANG HUMBER

TROMOL DEPAN STRUMERY ACHER, VELG DUNLOP MADE IN INDIA (DUNLOP YANG DIPRODUKSI DI INDIA KARE INDIA MERUPAKAN SALAH SATU JAJAHAN INGGRIS SEHINGGA SEBAGIAN PABRIKNYA ADA DI INDIA) KONDISI MASIH BAGUS



TROMOL BELAKANG VERSNELENG STRUMERY ACHER, VELG BELAKANG DUNLOP MADE IN INDIA (DUNLOP YANG DIPRODUKSI DI INDIA) KONDISI MASIH BAGUS
SLEBOR ORI, PEGANGAN SLEBOR ORI, KUNCI YWS, BONCENGAN HOPMI DOUBEL KROM, PEDAL PUTIH STIP MERAH-JEPANG

HUMBER SERI CD, MAHAR 6JT

SEPEDA HUMBER HEREN 24/60

SEPEDA HUMBER SERI BM, UKURAN TINGGI 60CM

SEPEDA HUMBER HEREN MADE IN ENGLAND

STIR ORI, LAMPU JADUL,DINAMO BOSCH

EMBLEM ORI, SLEBOR ORI, ADA NAMA TOKO SEPEDA,FORK ORI

GIR DEPAN ORI, DIKAYUHAN ADA TULISAN RAELIGH INDUSTRI
BRAKET KHAS HUMBER

TROMOL DP STRUMERY ACHER LUBANG 32

TROMOL VERSNELENG BELAKANG STRUMERY ACHER LUBANG 40

VELG DP DUNLOP MADE IN ENGLAND

VELG BELAKANG DUNLOP MADE IN ENGLAND

SADEL ADA TULISAN HUMBER

BONCENGAN DOUBEL PROPELAR MADE IN HOLLAND, MAHAR 4JT



 SEPEDA HUMBER JENGKI SERI FA

SEPEDA HUMBER JENGKI MADE IN ENGLAND
SEPEDA HUMBER JENGKI SERI FA

STIR ORI MODEL JENGKI HUMBER

FORK, SLEBOR ORI, DINAMO BOSCH KENDI

GIR DEPAN ORI HUMBER
BRAKET KHAS HUMBER
TROMOL DEPAN STRUMERY ACHER MADE IN ENGLAND

TROMOL BELAKANG VERSNELENG STRUMERY ACHER

VELG DEPAN DUNLOP MADE IN ENGLAND LUBANG 32

VELG BELAKANG DUNLOP MADE IN ENGLAND LUBANG 40

NO SERI FA

BONCENGAN ADA, KUNCI YWS, STOPAN ADA, PEDAL PUTIH STRIP MERAH MADE IN JAPAN, MAHAR 2,3JT

5 komentar:

  1. Om punya literatur nomor seri humber? Sya punya humber ada kunci gondoknya.tulisan seri FE.. emang ada ya seri FE? Taun brapa tu? Mohon pencerahan.. Mksh

    BalasHapus
  2. Om punya literatur nomor seri humber? Sya punya humber ada kunci gondoknya.tulisan seri FE.. emang ada ya seri FE? Taun brapa tu? Mohon pencerahan.. Mksh

    BalasHapus
  3. Tuk seri mcam fa.bz.fe dll itu ada brp mcam n artinya apa..pnya sy dpn gk jlas. ..A55889 itu gmn

    BalasHapus
  4. Saya punya seri k1111,mau tanya keluaran tahun brp

    BalasHapus

Hilisataro tempo doeloe

Hilisataro tempo doeloe